MANDI BONGEN

Sebelum bercerita apa itu "Mandi Bongen", saya mau ucapkan terima kasih dulu buat semuanya yang sudah menyempatkan diri untuk sekedar singgah di sini. Dan siapa tau jodoh.. (uhuk! kode mulu)

Nah.. Berbicara tentang mandi bongen, sudah tahu belum ya semuanya? Mandi diartikan sebagai kegiatan membersihkan diri menggunakan media air, dilengkapi juga sabun dan shampoo untuk membersihkan kotoran yang menempel di badan akibat debu, polusi dan keringat. Bagaimana kalau tentang bongen?

Bongen artinya adalah pasir. Jadi, mandi bongen adalah mandi pasir?
Mandi bongen dimaknai sebagai mandi di saat sungai Musi surut dan pasir yang ada di dasarnya timbul ke permukaan akibat berkurangnya volume air. "Pantai Tahunan" ini bisa ditemui jika sudah memasuki musim kemarau. Jadi, bagi pembaca sekalian yang tertarik, datang saja ke kota Sekayu dan sekitarnya. Bisa merasakan serunya mandi bongen.

Tapi, karena sungai ini terletak di belakang rumah penduduk di perkampungan, tentu saja sungai Musi ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan masyarakat di sekitarnya. Seperti mandi, mencuci, buang air bahkan buang sampah. Jadi tak heran saat sungai Musi surut seperti sekarang akan banyak sampah yang tertinggal di atas pasir.

Gambar 1. "Pantai Tahunan" ; pasir yang lebih gelap dibandingkan pasir pantai kebanyakan
Gambar 2. Ayo mandi bongen!
Gambar 3. Kenampakan pasir dengan rumah penduduk di atas tebing.
Bisa dibayangkan dalamnya sungai ini kalau terisi penuh?
Gambar 4. Sayang ya sungainya kotor :(

Sekian tentang mandi bongen ini. Kalau di daerah kalian apa namanya?

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates