Corn Flakes


1.              1.  Pengertian




Emping jagung atau (corn flakes)adalah bijirin sarapan yang baik.Emping jagung adalah campuran jagung,ekstrak ‘malt’,garam,vitamin,zat besi dan anti-oksida yang boleh meningkatkan daya tumpuan,melawan  keletihan  dan mencegah anemia.Emping jagung rendah lemak dan diperkaya dengan vitamin A,C dan zat besi.Emping jagung selalu juga dijadikan sebagai bahan dalam  membuat biskut,cake dan kuih-muih.

2.              Bahan Membuat Corn Flakes
Bahan:
1.                  750 g tepung terigu rendah protein/cap kunci
2.                  600 g mentega/margarin
3.                  150 g gula halus
4.                  6 butir kuning telur
5.                  1 butir telur
6.                  50 g tepung maizena
7.                  100 g corn flakes
8.                  ½ sdt baking powder
9.                  ½ sdt garam halus
Cara Membuat:
1.                  Campur tepung terigu, tepung maizena dan baking powder, aduk rata. Ayak. Sisihkan.
2.                  Kocok margarin, telur, kuning telur, gula halus dan garam. Kocok menggunakan mixer hingga lembut (2menit).
3.                  Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan margarin. Aduk menggunakan spatula plastik/sendok kayu hingga tercampur rata.
4.                  Sendoki adonan dan letakan di atas loyang beroles margarin.
5.                  Rapikan bentuknya. Tancapkan corn flakes di permukaan adonan yang telah dibentuk. Lakukan hingga adonan habis.
6.                  Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 150oC selama 20 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Dinginkan.
7.                  Kemas kue di dalam stoples kedap udara.
Untuk ± 1750 g
Tips :
1.                  Jangan memanggang kue ini dalam suhu tinggi karena corn flakes akan gosong namun bagian tengah kue belum matang.
2.                  Corn flakes bisa diganti dengan rice flakes atau coco crunch.
Sereal merek ini merupakan sereal  tertua di dunia. Dibuat pertama kali pada tahun 1894 oleh John Harvey Kellogg, Si ‘Bapak Sereal”.






3.              Kandungan Gizi
Terdapat 101 kalori dalam Corn Flakes (1 mangkok).
Rincian Kalori: 0% lemak, 96% karb, 4% prot.

Informasi Gizi
per 1 mangkok (1 porsi)
Energi
423 kj
101 kkal
Lemak
0,03 g
Lemak Jenuh
0 g
Lemak tak Jenuh Ganda
0,014 g
Lemak tak Jenuh Tunggal
0,008 g
Kolesterol
0 mg
Protein
1,88 g
Karbohidrat
24,28 g
Serat
1,3 g
Gula
1,82 g
Sodium
266 mg
Kalium
33 mg

4.              Manfaat Mengkonsumsi Corn Flakes
Spina Bifida
Cornflakes dengan penambahan asam folat dapat mensuplai lebih dari 100 mg vitamin B per 30 gram  penyajian. Makanan yang diperkaya oleh zat gizi dan asam folat dapat membantu menurunkan resiko terkena spina bifida sebelum lahir.
Penyakit Jantung
Konsumsi folat sehari-hari dapat menurunkan kadar homocystein dalam darah. Ini diakui bahwa kadar homocystein yang tinggi dapat merusak dinding arteri melalui pada luka pada lapisan pembuluh darah dan mempercepat terjadinya penggumpalan darah dan penyakit jantung.
Kanker Kolon
Menu makanan tinggi akan zat tepung dapat mencegah kanker kolon atau kanker usus besar. Tidak semua zat tepung dari sereal seperti jagung dapat dicerna dan diserap dalam usus halus. Sebagian mencapai kolon di mana bakteri yang ada manfaatnya untuk menghasilkan rantai makanan pendek (SCFAs). Ini dapat meningkatkan kadar asam kolon, mengatur sel dan memperbaiki kerusakan DNA yang kemungkinan mengakibatkan tumor.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates